•  
  •  ,

Rabu, 09 September 2015 - 11:27:14 WIB
Sosialisasi e-PUPNS
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Sosialisasi - Dibaca: 1326 kali

PENDATAAN ULANG PEGAWAI NEGERI SIPIL ELEKTRONIK
e-PUPNS

Memenuhi amanat yang tertuang dalam UU No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Badan Kepegawaian Negara menagadakan Pendataan  Ulang Pegawai Negeri Sipil Elektronik (e-PUPNS) tingkat Nasional mulai tanggal 1 September s/d  31 Desember 2015, dan untuk Kabupaten Cirebon verifikasi data sampai tgl 30 Nopember 2015. Pendataan  Ulang Pegawai Negeri Sipil Elektronik (e-PUPNS) merupakan pendataan atau sensus pegawai melalui sistem teknologi informasi (IT) yang dilakukan oleh setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sistem pendataan yang diterapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam melaksanakan e-PUPNS 2015 dibangun dengan teknologi berbasis web, yaitu dengan nama portalnya pupns.bkn.go.id. Perbedaan mencolok dari metode sebelumnya pada tahun 2003 dengan sekarang adalah dimana seluruh PNS melakukan updating datanya secara mandiri, masing-masing PNS akan diberikan user name dan password untuk mengakses datanya.

Menurut Kepala Badan Kepegawian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Drs. H. Kalinga, MM di dampingi oleh Kabid Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Cirebon Drs. Jajang Sofyan, M.Si  menyebutkan bahwa kegiatan PUPNS ini adalah sebuah keharusan bagi seluruh PNS tidak ada alasan untuk tidak ikut pendataan dan mendapatkan user name, walaupun PNS yang bersangkutan tidak mengerti teknologi informasi dan sedang dalam mendapatkan hukuman disiplin serta menghimbau kepada semua PNS agar melaksanakan kegiatan ini dengan penuh tanggungjawab.


PNS melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan syarat setiap PNS mempunyai e-mail pribadi yang masih aktif, sampai ada perintah dinyatakan registrasi sukses kemudian cetak tanda bukti pendaftaran. Setelah melakukan pendaftaran PNS dapat login dan diverifikasi oleh verifikator registrasi yang ada di instansinya. Apabila setelah diverifikasi maka PNS dapat login dan masuk ke menu data kepegawaian yang bersangkutan. Adapun data kepegawaian yang tidak sesuai dapat dikoreksi. Jika terdapat perbaikan data, maka dokumen tersebut dilampirkan sebagai bentuk fisiknya.

Apabila terdapat hal-hal yang belum jelas tentang Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil Elektronik (e-PUPNS) dapat menghubungi contact person: Sdr. Dadang Priyono (082218979474) Sdr. Surahman (081214701681)